Sosialisasi Pemanfaatan Platform Digital Pembelajaran Untuk Guru MIS Fathul Munir Kota Ternate
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Kelurahan Dufa-dufa, Kecamatan Kota Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara, dengan fokus utama pada guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Mis Fathul Munir Kota Ternate. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi terkait pemanfaatan platform digital, khususnya Edpuzzle yang disinkronkan dengan Google Classroom, Quizizz, dan Kahoot untuk menciptakan kuis yang interaktif dan menarik. Selain itu, kegiatan ini juga memperkenalkan aplikasi lain yang mendukung pembuatan dan perekaman video, seperti Render forest, Canva, dan Open Broadcaster Software (OBS). Hasil dari sosialisasi ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru mengenai penggunaan platform digital pembelajaran. Dari 19 guru yang berpartisipasi, nilai rata-rata pre-test adalah 22,13, sedangkan nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 78,95. Dengan demikian, diharapkan guru Madrasah Ibtidaiyah dapat memanfaatkan platform-platform ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, menjadikannya lebih interaktif, menarik, efektif, dan relevan dengan perkembangan teknologi
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Amaliah N, Jirana, dan Damayanti M. Sosialisasi Pembuatan Linktree sebagai Media Pembelajaran Alternatif Masa Pandemi Covid 19 pada Guru-Guru SDN 18 Galung Lombok Polewali Mandar. Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat. 2021;5(3):59–62. DOI:10.36339/je.v5i3.510
- Kapita S N, Rosihan, and Mamonto A M. Training in Creating Educational Videos for Teachers of State Senior High School 3 Tidore Islands.Journal of Global and Multidisciplinary MULTIPLE. 2023;1(2):132–138.
- Bahri S. Peningkatan Kapasitas Guru Di Era Digital Melalui Model Pembelajaran Inovatif Variatif. Jurnal Evaluasi Pendidikandan Penelitian. 2021;2(4): 93-102. DOI:https://doi.org/10.56806/jh.v2i4.58
- Darnita Y, Wibowo S H, Toyib R, dan Muntahana M. Sosialisasi Platform Teknologi Informasi Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan di SMK Negeri 10 Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Prima Abdika. 2022;2(1): 96-106. DOI:10.37478/abdika.v2i1.1710
- Bili O, dan Surat I M. PKM. di SMP Dwijendra Bualu Dalam Pengembangan Edpuzzle Dalam Media Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Mahadi. 2022;2(2): 87-97. DOI:10.59672/widyamahadi.v2i2.1960.
- Mardhiyana D, Setyarum A, dan Fitri A. Penggunaan Video Interaktif Edpuzzle dalam Pembelajaran Matematika dan Bahasa pada Era Merdeka Belajar di SMP Al Fusha Kedungwuni. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumbung Tinggi. 2022;4(4): 1671-1679. DOI: : https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6139.
- Mukhid A. Desain Teknologi dan Inovasi Pembelajaran dalam Budaya Organisasi di Lembaga Pendidikan: Pustaka Egaliter Yogyakarta; 2023.
- Sutarman A, Wardipa I G P, dan Mahri. PenguatanPeranGurudi Era Digital Melalui Program Pembelajaran Inspiratif. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 2019;5(2): 229-238. DOI: https://dx.doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2097.