Tingkatkan Wawasan Kewirausahaan: Pengalaman Mahasiswa Dalam Menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan Untuk Masyarakat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abraham Leo
Agung Suderajat
Aldo Anggito Abimanyu
Dhea Gitawijaya

Abstract

Seminar Mata Kuliah Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh mahasiswa kelas TI.21.B.1 Universitas Pelita Bangsa bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan kewirausahaan di kalangan masyarakat, sekaligus memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam mengorganisir acara. Program ini melibatkan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang terstruktur, dan evaluasi menyeluruh. Seminar dihadiri oleh 98 peserta dari berbagai latar belakang, termasuk mahasiswa, pelaku UMKM, dan masyarakat umum. Hasil kuesioner menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, dengan 85% peserta merasa materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan 90% mengapresiasi kualitas pembicara. Metode pembelajaran partisipatif yang digunakan efektif dalam meningkatkan interaksi dan keterlibatan peserta. Selain peningkatan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan di kalangan peserta, mahasiswa penyelenggara juga mengembangkan berbagai soft skills penting seperti komunikasi, manajemen waktu, kerja tim, dan kepemimpinan. Meskipun terdapat beberapa tantangan teknis, masukan yang diterima akan menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan di masa mendatang. Seminar ini diharapkan memberikan manfaat jangka panjang dengan mendorong peserta untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam usaha mereka. Secara keseluruhan, keberhasilan program ini menjadi fondasi yang kuat untuk pengembangan kegiatan serupa di masa depan, dengan fokus pada peningkatan kualitas dan keberlanjutan dampak bagi masyarakat dan mahasiswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Muniarty P, et al. Kewirausahaan. Bandung: Widina Bhakti Persada; 2021.
  2. Kasih Y. Mewujudkan Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Melalui Proses Pembelajaran yang Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah STIE MDP: Forum Bisnis dan Kewirausahaan. 2013; 2(2): 164-181.
  3. Heinonen J, Sari AP. An Entrepreneurial-Directed Approach to Entrepreneurship Education: Mission Impossible? Journal of Management Development. 2006; 25(1): 80-94.
  4. Ramadhani NT, Nurnida I. Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ecodemica. 2017 April; 1(1): 89-97.
  5. Gunawan A. Pelatihan Digital Entrepreneurship Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma. 2020; 1(1): 38-45.
  6. Durahman N, Noer ZM. Aplikasi seminar online (webinar) untuk pembinaan wirausaha baru. Jurnal manajemen informatika (JUMIKA). 2019; 6(2).
  7. Prehanto A, Guntara RG, Aprily NM. Informasi dalam Seminar Kurikulum. Indonesian Journal of Digital Business. 2021 Mei; 1(1): 42-48.
  8. Junaid R, Baharuddin MR. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2020; 3(2): 122-129.