Pemberdayaan Potensi Siswa Sekolah Dasar melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Da’i Cilik di MIN 2 Kota Palangka Raya
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di MIN 2 Kota Palangka Raya dengan tujuan untuk memberdayakan potensi religius dan keterampilan public speaking siswa sekolah dasar melalui kegiatan ekstrakurikuler Da’i Cilik. Latar belakang kegiatan ini didasari oleh pentingnya pendidikan karakter dan pembentukan keberanian berdakwah sejak usia dini, mengingat masih terbatasnya ruang bagi siswa untuk berlatih berbicara di depan umum dalam konteks pendidikan Islam. Permasalahan utama yang diangkat dalam kegiatan ini adalah rendahnya kepercayaan diri siswa dalam menyampaikan pesan keagamaan di depan khalayak. Kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD), yang berfokus pada pemanfaatan kekuatan (assets) dan potensi yang telah dimiliki siswa, guru, serta lingkungan sekolah. Proses pelaksanaan terdiri atas lima tahap, yaitu Discovery, Dream, Design, Define/Deliver, dan Destiny, disertai penggunaan lembar observasi untuk menilai perkembangan siswa selama kegiatan berlangsung. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aspek keberanian, ekspresi, dan penguasaan materi dakwah. Anak-anak yang semula belum lancar membaca mampu menghafal dan menyampaikan ceramah dengan percaya diri, sedangkan siswa kelas atas memperlihatkan peningkatan dalam struktur penyampaian dan ekspresi verbal. Kegiatan ini berhasil menciptakan suasana belajar yang partisipatif, menyenangkan, dan berkelanjutan. Dengan demikian, penerapan metode ABCD terbukti efektif dalam mengembangkan potensi siswa, memperkuat karakter religius, serta menumbuhkan keterampilan dakwah dan komunikasi sejak usia sekolah dasar
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Omeri N. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidik. 2020;9(3):161.
- Yusuf FM. Urgensitas Metode Dakwah Dalam Membimbing Moral Anak Usia Dini. J an-Nasyr J Dakwah Dalam Mata Tinta. 2022;0147(2355-0147 (P); 2807-6893 (E)):100–9.
- Suhaemi MF, Tamam AM, Rosyadi AR. Peran ekstrakurikuler dalam meningkatkan karakter religius siswa Madrasah Ibtidaiyah. Tawazun J … [Internet]. 2025;18(2):415–22. Available from: https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TAWAZUN/article/view/17510%0Ahttps://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TAWAZUN/article/download/17510/7487
- Elisabet Manurung S, Purba A, Nainggolan A, Devina D. Simanjuntak F, Rahmadani P, Sari S, et al. Upaya Peningkatan Pemahaman dan Pentingnya Wawasan Nusantara Bagi Mahasiswa Ilmu Sosial. COMSERVA J Penelit dan Pengabdi Masy. 2022;2(8):1462–8.
- Anton, Muhammad AM. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Ektrakurikuler Islami. Media Akad. 2025;3(1):3031–5220.
- Salim NA, Avicenna A, Suesilowati, Ermawati EA, Panjaitan MMJ. Dasar-dasar Pendidikan Karakter. Medan: Yayasan Kita Menulis; 2022. 200 p.
- Jannah F, Endang Maisuri D, Mulyati M. Manajemen Dakwah Di Taman Kanak-Kanak. Al Tahdzib J Pendidik Islam Anak Usia Dini. 2022;1(2):77–88.
- Muttaqin Z. Peranan Metode Ceramah Dalam Meningkatkanprestasi Belajar Siswa Kelas Vi Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SD Al-Muzzammil Bekasi. Nat J Kaji Penelit Pendidik dan Pembelajaran. 2018;3(1):280–6.
- Abdurrahman. Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development) Dalam Pengembangan Pendidikan Islam. J Tinta. 2024;6(1):185–96.
- Mualifah I, Dianto FA, Hidayatulloh R. Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Karya Muhti Dengan Metode Asset Based Community Development ( Studi Peningkatan Kualitas Pendidikan , Karya Muhti , Sumatra Selatan ). 2025;04(03):1–5.
- Srirejeki K, Faturahman A, Warsidi W, Ulfah P, Herwiyanti E. Pemetaan Potensi Desa untuk Penguatan Badan Usaha Milik Desa dengan Pendekatan Asset Based Community-Driven Development. War LPM. 2020;23(1):24–34.
- Ali W. Hybrid Intelligent Android Malware Detection Using Evolving Support Vector Machine Based on Genetic Algorithm and Particle Swarm Optimization. Int J Comput Sci Netw Secur. 2019;19(9):15–28.
- Nisah K, Meutia M, Aini Z. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Metode Asset-Based Community-Driven Development (Abcd) Dengan Memanfaatkan Limbah Kotoran Sapi Menjadi Biogas Di Aceh Besar. Kumawula J Pengabdi Kpd Masy. 2025;8(2):372–81.
- Rinawati A, Arifah U, Faizul H A. Implementasi Model ABCD dalam Pendampinan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo. Ar Rihlah J Inov Pengemb Pendidik Islam. 2022;7(1):1–23.
- Muslihin YH, Loita A, Nurjanah SD. Instrumen Penelitian Tindakan Kelas untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. J PAUD Agapedia. 2022;6(1):99–106.
- Jawa MYL, Soraya MGA, Silaban DI. Peningkatan Keterampilan Public Speaking Dan PresentasiSiswa/i SDI 1 Loang, Kec. Nagawutun Kab. Lembata. J Pengabdi Kpd Masy Nusant. 2025;6(1):828–34.