Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Implementasi Pembelajaran Kertas Kerja Secara Interaktif Di Kelas 12 SMA Providentia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Cordelia Stella Chandra
Amin Wijoyo

Abstract

Pada era globalisasi, pemahaman akuntansi menjadi hal penting bagi siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi tuntutan dunia kerja dan pendidikan tinggi. Salah satu kompetensi dasar akuntansi adalah kemampuan menyusun laporan keuangan menggunakan kertas kerja. Berdasarkan identifikasi awal, siswa kelas 12 SMA Providentia Jakarta Barat belum memperoleh materi mengenai kertas kerja sehingga pemahaman mereka masih terbatas. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis siswa melalui penyampaian materi, diskusi interaktif, latihan soal, dan penilaian harian. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 78% siswa telah memahami dan mengisi kertas kerja dengan benar, sedangkan 22% masih memerlukan pendampingan lanjutan. Kegiatan ini terbukti meningkatkan pemahaman konseptual, kemampuan praktik, serta motivasi belajar siswa, sehingga berdampak positif terhadap literasi akuntansi dan kesiapan mereka dalam pembelajaran lanjutan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Belkaoui AR. Teori Akuntansi. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat; 2000.
  2. Paddery, Meriana, Niarti U. Penerapan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang pada Usaha Dagang Manto Curup. Jurnal Saintifik Multi Science. 2022;
  3. Beribe MFB, Sogen AA, Koten ES. Pendampingan Pembelajaran Akuntansi untuk Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Siswa dalam Menyusun Kertas Kerja (Worksheet ) Perusahaan Jasa di SMAK St. Darius Larantuka. Kesejahteraan Bersama?: Jurnal Pengabdian dan Keberlanjutan Masyarakat [Internet]. 2025 Jan 8;2(1):30–7. Available from: https://pkm.lpkd.or.id/index.php/Bersama/article/view/1015
  4. Hanggara A. Pengantar Akuntansi. CV Jakad Publishing Surabaya 2019; 2019. 37–37 p.
  5. Azzahra AN, Budiaman, Istiqomah N. Faktor Motivasi Belajar Rendah pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2024;