Pengembangan Edukasi Akuntansi melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat Berbasis Pemahaman Jurnal Penyesuaian di SMA Providentia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Steven Wiryajaya
Amin Wijoyo

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa-siswi SMA Providentia terhadap konsep adjusting journal entries atau ayat jurnal penyesuaian yang sering dianggap kompleks dalam pembelajaran akuntansi dasar. Permasalahan utama yang dihadapi mitra sekolah adalah rendahnya literasi akuntansi akibat metode pengajaran yang masih bersifat satu arah dan minim penerapan kontekstual. Kegiatan dilaksanakan melalui metode pembelajaran blended learning yang memadukan sesi tatap muka dan online secara interaktif dengan pendekatan partisipatif berupa diskusi, latihan soal, serta permainan edukatif menggunakan platform Kahoot. Evaluasi dilakukan melalui post-test dan observasi terhadap keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 73% peserta mampu menjawab lebih dari setengah soal dengan benar, dengan peningkatan signifikan pada pemahaman topik penyesuaian pendapatan dan beban. Meskipun beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami penyusutan aktiva tetap, kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan antusiasme dan partisipasi siswa. Kesimpulannya, penggunaan metode pembelajaran interaktif berbasis teknologi memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan literasi akuntansi siswa sekolah menengah, serta menjadi strategi edukatif yang relevan, aplikatif, dan menyenangkan dalam menghadapi tantangan pembelajaran akuntansi modern.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Dewi S, Sylvia. Pelatihan Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang bagi Siswa Siswi SMA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. 2024;
  2. Wijoyo A, Richardson N, Tanichi C. Pendalaman Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Bagi Siswa/i SMA Negeri 2. Jurnal Serina Abdimas [Internet]. 2024;2(3):1184–9. Available from: https://doi.org/10.24912/jsa.v2i3.32138
  3. Rahayu M, Sari B. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Ikraith-Humaniora. 2018;2(2).
  4. Putra HM, Prijowuntato SW. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian di SMK Negeri 1 Godean Kelas X. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi. 2021;15(1).
  5. Yunita N. Pengaruh gender dan kemampuan akademis terhadap literasi keuangan dalam perilaku pengelolaan keuangan pada mahasiswa jurusan akuntansi. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi). 2025;
  6. Sasrwati E, Yuliarti L. Simulasi Interaktif Pencatatan Akuntansi: Upaya Peningkatan Literasi Finansial Pelajar SMK. Smart Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2025;
  7. Fatimah N, Susanti. Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, dan Pendapatan terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadyah Gresik. Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, Pendapatan, dan Perilaku Keuangan. 2018;
  8. Ratnaningrum R, Nurhapsari R, Kurniawawti NO. Peranan Pemahaman Dasar Akuntansi dalam Meningkatkan Literasi Akuntansi Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 1 Leuwimunding Majalengka Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi. 2022;