Metode Mendongeng Untuk Meningkatkan Minat Berliterasi Anak Di Desa Pamulihan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Literasi menjadi elemen penting dalam meningkatkan kualitas hidup individu, meliputi kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritis. Namun, minat membaca di Indonesia masih tergolong rendah khsusunya anak-anak di Desa Pamulihan. Permasalahan yang ditemukan, anak-anak di Desa Pamulihan lebih tertarik menggunakan ponsel daripada membaca, dan pemahaman pentingnya literasi di kalangan orang tua juga masih minim. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak melalui metode mendongeng yang melibatkan orang tua. Kegiatan ini meliputi penyuluhan tentang pentingnya literasi, cara mendongeng, kiat-kiat dalam mendongeng yang menarik, dan praktik mendongeng yang sesuai dengan teori Agustin dkk, yaitu dengan menggunakan teknik pre-reading, tanpa memperpendek atau memanjangkan teks buku. Selama tiga hari, kegiatan dilakukan melalui penjelasan teori, praktik mendongeng, serta evaluasi di hari terakhir. Mahasiswa juga turut membimbing anak-anak dalam kegiatan literasi membaca dan menulis melalui pendekatan yang menyenangkan seperti permainan dan tebak-tebakan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan 100% peserta telah memahami pentingnya literasi dan cara mendongeng, 80% peserta sudah merasa percaya diri dalam mendongeng, sisanya masih merasa malu. Kemudian 80% peserta telah mampu menerapkan intonasi, ekspresi, dan gesture dalam mendongeng, sisanya masih merasa canggung. Selanjutnya, 100% para peserta sudah mulai mencoba mendongeng di rumah bersama dengan anak-anak mereka dan hal ini berdampak pada berkurangnya intensitas anak-anak untuk bermain ponsel. Ketika kegiatan telah berakhir, pendampingan tetap dilakukan selama satu bulan untuk memantau kebiasaan berliterasi dan mendongeng di rumah. Selain untuk meningkatkan minat berliterasi, kegiatan ini juga berkontribusi pada pembentukan budaya membaca yang lebih baik, dan mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Suyono, Harsiati T, Wulandari IS. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar. 2017;26(2):116–23.
- Yudiana K, Putri NNCA, Antara IGWS. Kesenjangan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar di Daerah Perkotaan, Pinggiran Kota, dan Pedesaan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 31 Desember 2023;7(3):540–7.
- Iman BN. Budaya Literasi dalam Dunia Pendidikan. Dalam: Conference of Elementary Studies. 2022.
- RRI.co.id - UNESCO Sebut Minat Baca Orang Indonesia Masih Rendah [Internet]. [dikutip 4 Oktober 2025]. Tersedia pada: https://rri.co.id/daerah/649261/unesco-sebut-minat-baca-orang-indonesia-masih-rendah
- Posisi Indonesia di PISA 2022, Siapkah untuk 2025? - GoodStats [Internet]. [dikutip 4 Oktober 2025]. Tersedia pada: https://goodstats.id/article/posisi-indonesia-di-pisa-2022-siapkah-untuk-2025-6RLyK
- Pradana BH, Fatimah N, Rochana T. Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa di SMA Negeri 4 Magelang. SOLIDARITY [Internet]. 2017;6(2). Tersedia pada: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity
- Hanum AE. Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Melalui Program Membaca Menyenangkan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 2021;9(5):1104–11.
- Antoro B. Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar: Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2017. 204 hlm.
- Sulaiman W. Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 27 Maret 2022;6(5):3953–66.
- Zulfitria, Celara D. Implementasi Metode Mendongeng dalam Mengembangkan Potensi Siswa SD. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD. November 2018;(2):130–9.
- Agustin NLFB, Muthohar S, Hasanah S. Penggunaan Metode Mendongeng Kreatif dalam Meningkatkan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dini. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 31 Desember 2023;4(2):876–85.
- Indrawati D, Farantika D, Shofwan MA. Teknik Mendongeng Bagi Guru dan Orang Tua untuk Anak Usia Dini. Jurnal Bocil. 2023;(1).
- Helvionita V. Metode Mendongeng dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Nilai Moral pada Anak Usia Dini. Wacana Umat. Februari 2023;8(1).