Festival Kopi Stie Expo Sebagai Sarana Edupreneurship Mendorong Inovasi Produk Dan Pemasaran Kopi Lokal

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aris Munandar
Nurul Huda
Aliah Pratiwi
Nafisah Nurulrahmatiah

Abstract

Kopi merupakan komoditas unggulan di Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya di Bima yang dikenal dengan kopi robusta Tambora. Potensi besar kopi lokal ini belum sepenuhnya dimanfaatkan, karena sebagian besar pelaku usaha masih menjual biji kopi mentah dengan harga rendah. Hal ini menyebabkan margin keuntungan yang kecil dan posisi tawar yang lemah bagi petani serta pelaku UMKM kopi. Selain itu, tantangan yang dihadapi oleh UMKM kopi lokal antara lain minimnya inovasi produk, keterbatasan literasi pemasaran digital, serta pencatatan keuangan yang tidak memadai. Untuk mengatasi permasalahan ini, Festival Kopi STIE Expo 2025 diselenggarakan sebagai bentuk pengabdian masyarakat dengan pendekatan edupreneurship. Festival ini melibatkan 22 peserta, terdiri dari 12 UMKM kopi lokal dan 10 kelompok usaha mahasiswa, yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan daya saing mereka. Kegiatan yang dilakukan selama festival antara lain pameran produk, coaching clinic, lomba roasting, dan mentoring pemasaran digital. Evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan hasil yang signifikan, dengan 80% peserta melaporkan adanya peningkatan jumlah pelanggan, 95% peserta merasa lebih termotivasi untuk memperbaiki kualitas produk, dan 90% mengaku telah memperbaiki pencatatan keuangan mereka. Selama acara, 10 UMKM mengalami peningkatan omzet hingga Rp7 juta, menunjukkan dampak positif festival terhadap kinerja ekonomi dan branding produk mereka. Festival ini tidak hanya berfungsi untuk mempromosikan kopi lokal, tetapi juga sebagai model integrasi antara pendidikan dan kewirausahaan dalam pemberdayaan UMKM, yang dapat diterapkan di daerah lain dengan produk lokal serupa. Pendekatan ini diharapkan dapat menginspirasi daerah lain untuk melakukan upaya serupa dalam meningkatkan kesejahteraan UMKM lokal

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Yusuf M, Septiadi D. Analisis Rantai Pasok Biji Kopi Robusta di Kecamatan Tambora Kabupaten Bima. AGROTEKSOS. 2023;33(3):948.
  2. NTBSatu. Permintaan Tinggi, Produksi Kopi NTB Tak Menentu [Internet]. 2024 [cited 2025 Jul 29]. Available from: https://ntbsatu.com/2024/01/21/permintaan-tinggi-produksi-kopi-ntb-tak-menentu.html?utm_source=chatgpt.com
  3. Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hasil Survei Ekonomi Pertanian (SEP) 2024 [Internet]. 2024 Sep [cited 2025 Jul 29]. Available from: https://web-api.bps.go.id
  4. Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA). Membangun UMKM Indonesia Timur: Potensi, Tantangan, dan Strategi Ekonomi Kreatif di NTB [Internet]. 2023 [cited 2025 Jul 29]. Available from: https://www.eria.org/uploads/media/Books/2023-Membangun-UMKM-Indonesia-Timur/6_ch.2-NTB-Ekonomi-Kreatif.pdf
  5. Kuratko DF. Entrepreneurship: Theory, Process, Practice. 12th ed. Boston: Cengage; 2024.
  6. Nabi G, Liñán F, Fayolle A, Krueger N, Walmsley A. The impact of entrepreneurship education in higher education: A systematic review and research agenda. Acad Manag Learn Educ. 2017;16(2):277–99.
  7. Pemerintah Kota Bima. Asisten II Sukarno hadiri pembukaan STIE Expo 2025 [Internet]. 2025 Jun 28 [cited 2025 Jul 29]. Available from: https://portal.bimakota.go.id/web/detail-berita/2742
  8. Muthia R, Hidayati R, Sayakti PI, Wahyuni RA. Pendampingan UMKM Kopi Jahe Arab Martapura melalui Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). 2024;7(9):3992–4000.
  9. Kholijah S, Utami F, Nadiatun Nisa A, Kotimah S, Putpitasari N, Hastuti N. Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Kopi Kalangan. Khidmah: Jurnal Pengabdian Masyarakat STIT Tanggamus [Internet]. 2025;3(1). Available from: http://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/Khidmah
  10. Maulan AW, Yani M, Pebrianggara A. Digital marketing strategy for business development and increasing competitiveness at UMKM Coffee in Sidoarjo. Management Studies and Entrepreneurship Journal [Internet]. 2024;5(2):5835–53. Available from: http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
  11. Audretsch DB, Link AN. Entrepreneurship and knowledge spillovers from the public sector. Int Entrep Manag J. 2019;15(1):195–208.