Optimalisasi Kelas Literasi Islami (Kli) Oleh Mahasiswa KKN Iai Hidayatullah Batam Dalam Penguatan Literasi Qur’ani Anak Dan Remaja Di Kampung Melayu Nongsa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Juni Mahanis
Salsabila Khairunnisa
Putri Andini
Andi Nurfadilah
Tika Hartati

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat melalui Program Kelas Literasi Islami (KLI) dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Institut Agama Islam Hidayatullah Batam di Masjid Al-Muttaqin, Kampung Melayu, Kelurahan Batu Besar, Kota Batam. Latar belakang kegiatan ini adalah belum adanya Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), sehingga anak-anak hanya belajar mengaji secara informal dengan bimbingan teman sebaya. Program KLI dirancang untuk menjawab permasalahan tersebut dengan fokus pada tahsin, tahfidz, dan pengenalan hadits sesuai kebutuhan masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh 30 anak dan remaja, dilaksanakan setiap pukul 17.00–18.00 WIB dengan metode ceramah singkat, talaqqi, praktik langsung, serta evaluasi hafalan dan pemahaman hadits melalui pretest dan posttest. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata kemampuan membaca Al-Qur’an dari 65,3 (pretest) menjadi 83,7 (posttest), peningkatan jumlah hafalan rata-rata dari 2 surat pendek menjadi 6 surat pendek selama program berlangsung, serta peningkatan pemahaman hadis dasar dari 30% peserta mampu menjawab benar sebelum program menjadi 85% setelah program. Indikator keberhasilan juga terlihat dari konsistensi kehadiran peserta (95% hadir rutin) dan keterlibatan aktif orang tua. Program KLI terbukti efektif dalam meningkatkan literasi Qur’ani, hafalan, serta pemahaman sunnah, dan berpotensi menjadi cikal bakal TPA permanen dengan dukungan masyarakat setempat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Kementrian Agama Republik Indonesia. Keputusan Menteri Agama Tentang Nomor 184 Tahun 2019. 2019;20.
  2. Elfi Yuliani Rochmah. Psikologi Pendidikan Islam. 2024.
  3. Chasanah U. Urgensi Pendidikan Hadis dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. J Living Hadis. 2018;2(1):83.
  4. Andriana N. DESAIN KURIKULUM PROGRAM TAHFIDZ DI PESANTREN TAHFIDZ AL-HIKMAH BOGOR. 2025;1123–40.
  5. Nur F, Nuradillah A, Jumardi, Munir S, Rahmah N, Muhammad F, et al. MENGATASI TANTANGAN LITERASI Al-QUR’AN: METODE EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAAN BACA TULIS. Dialekt J Pendidik Agama Islam. 2024;3(2):21–8.
  6. Parnawi A, Ramadhan BW. Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Al-Azhar 1 Kota Batam. JIIP - J Ilm Ilmu Pendidik. 2023;6(3):1376–80.
  7. Hasibuan N. Tujuan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Alquran. J Darul ‘ Ilmi. 2014;Vol. 02, N(02):Hlm. 1-12.
  8. Arlinda I, Yatun S, Syahrani AW, Hanim Z. Strategi Pengembangan Kualitas Pendidikan Non Formal Di Pkbm Bunda Samarinda. J Educ. 2023;6(1):2155–65.