Pelatihan Pembukaan Akun Tiktok Shop Dan Live Streaming Sebagai Upaya Digitalisasi Umkm Kelurahan Jagasatru

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dhieka Lantana
Rahayu Lestari
Anisa Putri Kusumaningrum
Tri Waluyo
Fauziah Fauziah

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan kapasitas pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memanfaatkan TikTok Shop sebagai media pemasaran modern. Kegiatan diikuti oleh 20 UMKM di wilayah Jagasatru dengan metode pelatihan dilakukan melalui penyampaian materi, praktik langsung, diskusi interaktif, serta pendampingan teknis untuk memastikan peserta mampu memahami dan mempraktikkan setiap tahapan. Materi difokuskan pada proses pendaftaran usaha ke TikTok Shop dan strategi promosi menggunakan fitur live streaming sebagai sarana memperluas jangkauan pasar. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pengetahuan peserta, serta pengamatan terhadap keberhasilan UMKM dalam menyelesaikan proses registrasi akun TikTok Shop. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta, dengan nilai rata-rata pengetahuan naik dari 10% (pre-test) menjadi 90% (post-test). Namun, dari 20 peserta, hanya 4 UMKM (20%) yang berhasil menyelesaikan pendaftaran akun, sementara sisanya terkendala dokumen usaha dan kualitas foto produk. Temuan ini menegaskan pentingnya pendampingan lanjutan dan dukungan kelembagaan dalam memfasilitasi penyiapan dokumen usaha serta pengembangan konten digital. Dengan demikian, pelatihan TikTok Shop tidak hanya bermanfaat dalam memperluas akses pasar, tetapi juga menjadi strategi penting dalam mendorong UMKM beradaptasi di era digital

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Azzahra Tuna S, Hanung Cahyani D, Avrilia Lantana D, Lestari R. Exploring the influence of digital marketing strategies on private university selection. 2024 Oct 14;3(2). Available from: https://doi.org/10.55584/Gabs.003.02.3
  2. Priyono MB, Sari DP. Dampak Aplikasi Tiktok Dan Tiktok Shop Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan [Internet]. 2023;9(17):497–506. Available from: https://doi.org/10.5281/zenodo.8315865
  3. Kementerian Koperasi dan UKM. Laporan Tahunan UMKM [Internet]. Jakarta; 2023 [cited 2025 Sep 1]. Available from: https://umkm.go.id/publikasi
  4. Laziva N, Atieq MQ, Program M, Manajemen S, Ekonomi F, Bisnis D. Studi Literatur Digitalisasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Era Masyarakat 5.0: Strategi dan Faktor. In: Manajemen Business Innovation Conference-MBIC [Internet]. 2024. Available from: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/MBIC/index
  5. Hendra Maulana, Hakim Bima Ardimas Alam, Abd. Ghofar, Ilham Rahmatullah, Abyansyah Hayyu Sarwono, Zumrotul Liana Putri. Pendampingan Digital Marketing, Branding dan Rebranding Sebagai Upaya Pengembangan Brand UMKM Desa Musir Lor. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen. 2023 Jun 12;1(2):256–64.
  6. Vera Maria, Raudohtul Janah. Analisis Peran Tiktok Shop dalam Mendorong Ekonomi UMKM di Indonesia. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen. 2024 May 20;2(2):138–46.
  7. Asshidqi AA, Yuliana N. Pengaruh Tiktok Shop Terhadap UMKM Lokal. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial [Internet]. 2023;1(5). Available from: https://doi.org/10.5281/zenodo.10280058
  8. Rosmita, Sismadi, Purwandani I, Sofyanty D. Pelatihan Digital Marketing serta Optimalisasi TikTok Shop untuk Pelaku UMKM Taman Cibinong Asri Bogor Digital Marketing Training and TikTok Shop Optimization for UMKM Actors Taman. 2025 May;3(3):204–11. Available from: https://journal.aspirasi.or.id/index.php/ASPIRASI
  9. Evangeulista G, Agustin A, Putra GPE, Pramesti DT, Madiistriyatno H. STRATEGI UMKM DALAM MENGHADAPI DIGITALISASI. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis. 2023;16(1).
  10. Pusposari LF, Firmantika L, Hidayat IW, Saputri AB. Pendampingan Penguatan Pemasaran melalui Tiktok Shop sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. Jurnal SOLMA. 2024 Dec 31;13(3):2442–51.
  11. Sinulingga G, Setiawati S, Furkonudin F, Muhammad Thantawi A, Siti Nurliyah E, Amanda Lestari Putri Lubis H, et al. Pkm Pelatihan Digital Marketing Dengan Aplikasi Tik Tok Serta Optimalisasi Live Tik Tok Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada Pelaku Umkm Binaan Gemma Indonesia Raya. IKRA-ITH ABDIMAS [Internet]. 2023 Jul;6(2). Available from: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/issue/archive
  12. Arum MP, Hidayat CM. PELATIHAN DAN SOSIALISASI TIKTOK SHOP SEBAGAI STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK OPTIMALISASI UM?? MENUJU DIGITALISASI. Indonesian Journal of Community Service and Innovation. 2023 Jul 25;3(2):33–41.
  13. Nur Annisa N, Rafly Eka Saputra M, Cahyono D, Sari Indrayati F, Alif Putra Gunawan M, Putra Widhi Wardhana E, et al. Pelatihan Digital Marketing dengan Aplikasi Tiktok Shop untuk Pelaku UMKM Desa Gintungan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara. 2024 Mar 17;5(1):1274–8.