Pelatihan Perancangan Inovasi Pembelajaran Menggunakan Canva dan Wordwall di SD Negeri Cileungsi 06
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Hasil observasi awal yang dilakukan menunjukkan permasalahan yang dialami mitra, SD N Cileungsi 06, rendahnya keterampilan guru dalam merancang inovasi pembelajaran berbasis digital. Melalui program pengabdian masyarakat ini, kami berupaya memperkenalkan inovasi pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa serta memberikan manfaat meningkatkan kompetensi digital pendidik dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Solusi yang kami tawarkan adalah pelatihan bagi guru-guru di SD N Cileungsi 06 untuk meningkatkan kompetensi guru melalui perancangan Inovasi Pembelajaran berbasis digital menggunakan Canva dan Wordwall. Pelatihan diikuti 31 peserta dan dilaksanakan secara daring melalui platform zoom dengan pelaksanaan meliputi tahapan pre-test, pemaparan tentang Canva dan Wordwall, praktik, post-test, dan refleksi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan Canva dan Wordwall. Secara kuantitatif, ada peningkatan nilai rata-rata dari pre-test ke post-test pada kedua materi. Pemahaman tentang Canva meningkat dari 82,33 menjadi 88,00, sedangkan pemahaman tentang Wordwall mengalami kenaikan signifikan dari 71,00 menjadi 84,67. Hasil uji paired t- test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (sig. < 0,05), yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman yang sangat signifikan antara sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil refleksi menunjukkan sebanyak 97% peserta berpendapat bahwa pelatihan menambah wawasan. 40% peserta telah menghasilkan karya selama pelatihan dan seluruhnya berencana akan menerapkan pembelajaran inovasi menggunakan Canva dan Wordwall pada kegiatan pembelajaran. Pelatihan ini memberikan dampak sangat besar bagi proses pembelajaran yaitu akses belajar lebih luas, meningkatnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta kolaborasi antar siswa dan guru lebih mudah
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- A. Nur Aini and V. Rulvian. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPS Siswa Melalui Media Game Interaktif Wordwall. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 2023;9(1):1038–1048.
- Bates, A. W. (Tony). Teaching in a Digital Age: Guidelines for Designing Teaching and Learning. Tony Bates Associates Ltd ; 2015
- D. M. Sari and H. Widodo. Pemanfaatan aplikasi digital dalam pengembangan materi pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan.2021;5(4): 212–220.
- G. Gunawan, A. A. Purwoko, A. Ramdani, and M. Yustiqvar. Pembelajaran menggunakan learning management system berbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education.2021;2(1)226–235.
- Hattie, J. Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge ; 2009.
- I. G. R. Shebastian, I. M. Putrama, and P. W. A. Suyasa. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif ‘Pengenalan Hewan Dan Tumbuhan’ Pada Mata Metode Gamefikasi Untuk Siswa Kelas II Di Sekolah Dasar. Karmapati.2020;9
- L. Anjarwati and A. Purmadi.Eksplorasi penerapan media pembelajaran Canva sebagai media interaktif di era digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran.2025;6(1):10–20.
- R. Ristiawan, N. Dwitiyanti, and N. Selvia. Pelatihan Wordwall untuk membuat games pembelajaran interaktif bagi guru SDN Sukaindah 02 Kab. Bekasi. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat.2024;7(2):190–198.
- R. Setiawan and A. Nugroho. Kesiapan guru menghadapi literasi digital dalam era Revolusi Industri 4.0.Jurnal Pendidikan dan Teknologi.2020;4(2)101–110.
- T. G. Pradani. Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2022;1(5).452–457.
- V. T. Anjarsari, A. Nurkhiri, and M. K. R. Sapawi. Pelatihan desain media pembelajaran berbasis Canva di MGMP Informatika SMA Kabupaten Semarang.Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat.2025;3(1)vol. 3:324–329. doi: 10.61722/japm.v3i1.4004.