Peningkatan Kompetensi Guru MIPA dalam Integrasi Laboratorium Virtual PhET Colorado di SMPN 3 Cipanas

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Inda Efriani
Nurhani Dayanti
Sri Suyatmi

Abstract

Penelitian pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran MIPA di SMPN 3 Cipanas melalui pemanfaatan Laboratorium Virtual PhET Colorado sebagai media interaktif. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan guru untuk mengenal, mengoperasikan, serta mengintegrasikan simulasi PhET ke dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan mencakup penyampaian materi, praktik langsung, dan evaluasi berbasis RPP serta LKPD. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep, keterampilan penggunaan media digital, dan kreativitas guru dalam mengajar. Selain itu, siswa mengalami peningkatan pemahaman terhadap konsep-konsep abstrak MIPA, berpikir kritis, serta motivasi belajar yang lebih tinggi. Kegiatan ini juga mendorong keberlanjutan melalui pembentukan duta PhET dan penyusunan modul pembelajaran berbasis simulasi. Dapat disimpulkan bahwa simulasi PhET merupakan inovasi pembelajaran yang efektif, aplikatif, dan sesuai dengan tuntutan kurikulum di era digital.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Anggraini R, Sari N. Penguatan nilai Pancasila dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter. 2020;12(2):45–56.
  2. Darmadi H. Implementasi teknologi dalam pendidikan karakter. Jurnal Teknologi Pendidikan. 2020;11(4):223–34.
  3. Firdaus A. Generasi emas dan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Nasional. 2023;8(1):33–47.
  4. Hadi S. Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Evaluasi Pendidikan. 2020;10(2):76–89.
  5. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Panduan proyek profil pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbudristek; 2022.
  6. Santoso B. Internalisasi nilai Pancasila di sekolah. Jurnal Pendidikan Pancasila. 2023;7(2):112–26.
  7. Setiawan R. Profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Kurikulum Pendidikan. 2021;10(1):45–60.
  8. Suharto Y, et al. Relevansi pendidikan karakter di era digital. Jurnal Teknologi Pendidikan. 2021;13(1):23–40.
  9. Suryadi A, Handayani P. Proyek berbasis karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 2023;9(2):45–60.