Pelatihan Diferensiasi Produk Ikan Cakul Terhadap Umkm Cakul Crispy
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sering disebut sebagai salah satu pilar kekuatan perekonomian suatu daerah. Perekonomian secara terus menerus mengalami pertumbuhan dan perubahan yang semakin pesat sehingga persaingan semakin kuat (Fuadi & Saputri, 2024). Dalam persaingan bisnis yang semakin kompetitif, pelaku UMKM dituntut untuk terus berinovasi agar produk tetap relevan dan diminati pasar. Salah satu strategi yang efektif adalah diferensiasi produk, yakni menciptakan keunikan yang membedakan produk dari kompetitor. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan bersama UMKM Cakul Crispy milik Ibu Fatimah di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, dengan tujuan memperkuat strategi diferensiasi produk melalui pengembangan varian rasa baru dan pengelolaan pasokan bahan baku ikan cakul. Metode pelaksanaan dilakukan dalam tiga tahap: persiapan (observasi dan analisis kebutuhan), pelaksanaan (sosisalisasi, wawancara, dan pelatihan diferensiasi produk), dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mitra memahami pentingnya inovasi rasa dalam menarik konsumen baru, serta mulai menyusun rencana untuk diferensiasi produk, termasuk menghidupkan kembali produk Pepaya Crispy yang sebelumnya berhenti produksi. Kesimpulan menunjukkan bahwa pelatihan berhasil meningkatkan kesadaran dan kesiapan mitra untuk menerapkan strategi diferensiasi secara lebih sistematis dan berkelanjutan
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Hawa SD. User interface dan social media marketing sebagai pendorong keputusan pembelian pada e-commerce Tokopedia. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Peradaban. 2022;3(2):57–60.
- Fuadi F, Saputri AA. Analisis strategi diferensiasi produk dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berdasarkan perspektif bisnis syariah: Studi pada produk Buak Tat Kehago Lampung. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital (JEBD). 2024;1(3):517–23.
- Sahetapy JP. Diferensiasi produk dan strategi merek serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian UD Sinar Sakti Manado. Jurnal EMBA. 2013;1(3):1–10.
- Kotler P, Keller K. Marketing management. 13th ed. New Jersey: Pearson Education International; 2009.
- Porter ME. Competitive advantage: creating and sustaining superior performance. New York: Free Press; 2008.
- Wulandari E, Murniawaty I. Peningkatan keunggulan bersaing melalui diferensiasi produk dan diferensiasi citra serta pengaruhnya terhadap kinerja pemasaran IKM kopi di Kabupaten Temanggung. Jurnal Manajemen Dayasaing. 2020;22(1):43–52.
- Rangkuti F. Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus integrated marketing communication. Jakarta: Gramedia; 2016.
- Sari NP, Yuliani D. Inovasi produk dan dampaknya terhadap daya saing UMKM. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 2021;23(2):101–10.