Penguatan UMKM Dua Saudara di Dukuh Payan Lewat Edukasi Labeling dan Branding dalam Mendorong Pemasaran Online
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini sangat mendorong dan mempermudah seluruh aktivitas masyarakat Indonesia, khususnya dalam hal berbisnis. Dengan perkembangan teknologi saat ini, pemasaran online sangat membantu dan memudahkan penjual dalam promosi produk dan penjualan. Pemasaran online mampu meningkatkan jangkauan pasar dan visibilitas produk, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Namun, aspek seperti label dan branding produk sering kali tidak menjadi prioritas bagi pelaku UMKM. Dalam proses produksinya, UMKM mitra pengabdian kami menghadapi hambatan seperti minimnya promosi ke luar wilayah desas, desain label yang kurang menarik, dan belum adanya pemanfaatan media sosial. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mitra usaha tentang pemanfaatan media sosial atau e-marketing sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan serta pentingnya labeling prosuk dalam membangun kepercayaan konsumen dan mendorong inovasi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Farhani A, Chandranegara IS. Penguasaan negara terhadap pemanfaatan sumber daya alam ruang angkasa menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta. 2019;16(2):237–2.
- Solikhati AN, Febriyanti D, Fibrianto D, Amaleo S, Hawa SD. Penerapan e-commerce dan digital marketing untuk meningkatkan daya saing usaha UMKM WINSHOP. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS. 2023;4(1):62–70.
- Waluyo J. Pengaruh strategi pemasaran online (online marketing strategy) terhadap minat beli konsumen: studi kasus pada toko online shop Azzam Store. Jurnal Pemasaran Kompetitif; Manajemen Pemasaran. 2017;1(1):129–40.
- Utami DP. Strategi branding untuk membangun image positif pangan lokal bagi usaha mikro kecil dan menengah. Jurnal of Food Technology and Agroindustry. 2021;3(1):27–28.
- Soegijono MS. Wawancara sebagai salah satu metode pengumpulan data. Puslitbang Layanan Kesehatan, Badan Litbangkes. 1993;3(1):18–22.
- Yuliawati S. Kajian implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai fenomena pendidikan tinggi di Indonesia. Program Pascasarjana UHAMKA. 2012;29(318):29–34.