Tantangan dan Optimalisasi Pelayanan Publik Berbasis Digital di Disdukcapil Kabupaten Malang: Studi Kasus Identitas Kependudukan Digital (IKD)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mohammad Rofiqil Hamid
Prayoga Pangestu
Ismi Iftikad

Abstract

Transformasi pelayanan publik berbasis digital merupakan langkah strategis dalam meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas birokrasi di era teknologi. Salah satu bentuk implementasinya adalah penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Malang. Namun, pelaksanaan IKD masih menghadapi sejumlah kendala, seperti rendahnya literasi digital masyarakat, terbatasnya akses terhadap perangkat teknologi, serta permasalahan teknis pada aplikasi IKD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui observasi langsung di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Malang selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Data dikumpulkan melalui wawancara dengan 10 responden, yang terdiri dari 3 orang lansia, 5 masyarakat umum, dan 2 petugas Disdukcapil. Hasil temuan menunjukkan bahwa meskipun program IKD memiliki potensi besar dalam mempercepat layanan administrasi, implementasinya masih belum inklusif dan belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan strategi optimalisasi melalui edukasi literasi digital secara menyeluruh, peningkatan infrastruktur teknologi, serta pengembangan aplikasi yang lebih ramah pengguna agar manfaat transformasi layanan publik digital dapat dirasakan secara merata

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Herfina Amalia H. DIFUSI INOVASI PENGGUNAAN APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU. 2024 May 25;
  2. Adam Y, Rokhman A, Kurniasih D, Magister Administrasi Publik Fakultas P, Yonatan Adam C. PEMANFAATAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD). Journal of Social and Economics Research [Internet]. 2024;6(1). Available from: https://idm.or.id/JSER/index.
  3. Siti N, Program M, Bisnis SA, Kridatama Bandung P. MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE MELALUI PELAYANAN PUBLIK. Vol. VI, Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. 2016.
  4. Safarudin Rizal, Zulfamanna, Martin Kustati. Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research. 2023;3.
  5. Sugiyono Dr. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. 2013.
  6. Cahyadi Kurniawan Robi. TANTANGAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PEMERINTAH DAERAHArtikel Jurnal. 2023 Jan;
  7. Kandangan K, Surabaya K, Firmansyah MA, Anisykurlillah R. Efektivitas Program Pelayanan Identitas Kependudukan Digital Di. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober [Internet]. 2023;2023(19):510–7. Available from: https://doi.org/10.5281/zenodo.8412238
  8. Mahmudan. RADAR MALANG. 2025 [cited 2025 Jun 4]. 90 Persen Warga Kabupaten Malang Tak Punya KTP Digital. Available from: https://radarmalang.jawapos.com/kabupaten-malang/815644831/90-persen-warga-kabupaten-malang-tak-punya-ktp-digital