Penguatan Literasi dan Numerasi Melalui Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital di SDN Nglebak Kecamatan Bareng

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rohani Nur Aisyah
Fikriyah Diniyati Al Baihaki
Dini Amanda Rochmah
Daniar Ali Hamzah
Lalu Hasyim Asy'ari
Mhd. Salamuddin
Ali Said

Abstract

Literasi dan numerasi merupakan kemampuan dasar yang perlu ditingkatkan terutama pada jenjang sekolah dasar. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan minat literasi dan numerasi siswa melalui inovasi media pembelajaran berbasis digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan model partisipatif. Pendekatan partisipatif dilakukan dengan permainan ular tangga digital pada platform Genially dan dadu besar yang dibuat secara manual. Kegiatan penguatan literasi dan numerasi dilakukan dalam rangka program Kuliah di Luar Kampus (KDLK) selama dua bulan, terhitung sejak bulan April hingga Juni 2025. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di di SDN Nglebak, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang dengan melibatkan 28 siswa kelas V dalam proses pelaksanaannya. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah Service Learning (SL) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan yaitu dari 28 siswa terdapat 13 siswa (46%) yang menunjukkan minat terhadap literasi dan numerasi setelah implementasi inovasi media pembelajaran digital dibandingkan dengan tidak adanya siswa yang memiliki ketertarikan sebelum kegiatan implementasi berlangsung. Kegiatan pengabdian ini mengindikasikan bahwa inovasi media pembelajaran digital yang interaktif dan menyenangkan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar secara signifikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Yuda EK, Rosmilawati I. Literasi numerasi di sekolah dasar berdasarkan indikator PISA 2023; systematic literature review. J Instr Dev Res. 2024;4(2):172–91.
  2. Tenny, Nisa AK, Murtaplah. Pengembangan literasi dan numerasi dalam proses belajar dan mengajar [Internet]. 2021. 101 hal. Tersedia pada: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29935
  3. Listrianti F, Paputungan M, Qowiyah RA. Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis digital terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa Madrasah Ibtidaiyah Azzainiyah II. J Arjuna Publ Ilmu Pendidikan, Bhs dan Mat. 2023;1(5):188–97.
  4. Bali MMEI, Salsabila NS, Wulandari AS, Hasanah SR. Pendampingan literasi numerasi digital terhadap kemampuan literasi numerasi anak di RA Ihyaul Islam. J Pengabdi Masy Bangsa. 2023;1(8):1596–605.
  5. Yudha CB, Kusuma AP, EP S, I S, ER W. Pembelajaran literasi dan numerasi berbasis digital bagi guru sekolah dasar. J Soc Outreach. 2024;3(1):22–30.
  6. Anugrahana A, Pamekas Y. Penerapan literasi membaca dan numerasi bagi anak sekolah dasar. 2024;17(2):107–14.
  7. Missa H, Djalo A, Ndukang S, Dede VA, Sawu G, Marselina S. Penguatan literasi dan numerasi di SDI Bonen Desa Baumata, Kupang-NTT. J Pengabdi Kpd Masy Nusant. 2023;4(2):1118–27.
  8. Andriani R, Saputra DY, Hidayat S. Penguatan literasi dan numerasi bagi guru melalui pelatihan peningkatan kompetensi guru di Sekolah Dasar Negeri Pulo Panjang 1. J Abdimas Bina Bangsa [Internet]. 2024;5(1):339–45. Tersedia pada: https://jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/view/811
  9. Suratmi, Ilhami A, Azka DA, Defliyanto, Nopriyanti, Nurhasan. Pelatihan penguatan literasi dan numerasi dalam pemulihan pembelajaran pada SMP di Kabupaten Ogan Ilir. J Pengabdian UNDIKMA. 2025;6(1):70–80.
  10. Rohim DC. Strategi penguatan literasi dan numerasi siswa di SDN Jatiroto 01 Kabupaten Pati. J Elem. 2023;6(1):35.
  11. Sinaga D. Buku ajar metodologi penelitian (penelitian kualitatif). 2023. 14 hal.