Hypnolearning Untuk Mengoptimalkan Kualitas Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Weru
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kualitas belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Weru Khususnya kelas VIII dengan implementasi pendekatan Hypnolearning. Kegiatan ini diikuti oleh 61 peserta didik yang memiliki masalah dengan kualitas belajar. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap Persiapan, dilakukan koordinasi dengan pihak sekolah dan mengidentifikasi kebutuhan peserta didik. Tahap pelaksanaan, melibatkan sosialisasi konsep hypnolearning dan pelatihan teknik-teknik dasar kepada peserta didik dalam sesi-sesi yang terstruktur. Tahap evaluasi dilakukan untuk mengukur dampak implementasi hypnolearning terhadap kualitas belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data digunakan dalam tahap evaluasi yaitu wawancara, observasi menggunakan angket dan observasi langsung saat pembelajaran. Pendekatan hypnolearning terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Hal ini ditunjukan dengan persentase dari indicator motivasi belajar meliputi keaktifan peserta didik dalam belajar sebesar 72,86%, senang dalam belajar sebesar 87,50%, tidak cepat putus asa sebesar 77,50%, tidak mudah berpuas diri akan keberhasilan yang telah dicapai sebesar 95%, serta ulet dalam menghadapi kesulitan belajar sebesar 72,50%. Kegiatan ini memberikan kontribusi untuk mengoptimalkan kualitas belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Weru. Implementasi Hypnolearning perlu dikembangkan lebih lanjut, pendampingan berkelanjutan, maupun evaluasi berkala agar manfaatnya dapat dirasakan secara lebih luas
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Bachtiar, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Hypnolearning terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA. KROMATIN: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1), 2021.
- Elvinawanty, R., Sarinah, & Mailani, L. (2018). Hypnolearning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa/i SMK Di Kemacatan Stabat Kabupaten Langkat. Majalah Ilmiah Politeknik Mandiri Bina Prestasi, 99–4.
- Innayah, R. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online, Motivasi Belajar, Dan Kompetensi Dosen Terhadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Promosi, 8(2), 38–47.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023, December). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Kemdikbud.Go.Id.
- Mahendra, A, Y. I., Bunyamina, A., & Nengsih, R. (2021). Pengaruh Metode Hypnolearning Terhadap Prestasi Belajar. Education and Learning Journal Vol. 2, No. 1, Januari 2021, Pp. 30-39 E-ISSN 2720-9156, 2(1), 30–39.
- Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5(September), 84–90. https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8067