Pelatihan Bahasa Inggris Menggunakan Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa TPQ As-Syauki Ciater
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Salah satu tujuan belajar berbahasa Inggris adalah agar dapat berkomunikasi dan berkompetisi dengan orang-orang yang berasal dari negara lain di era globalisasi ini. Kemampuan bahasa Inggris meliputi empat keterampilan, yaitu mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Salah satu aspek pendukung ke empat keterampilan tersebut adalah berbicara dengan Bahasa Inggris dimana kemampuan berbicara Berbahasa Inggris ini dibutuhkan untuk bisa berkomunikasi verbal dengan para penutur asing agar lebih mudah beradaptasi. Mengasah kemampuan berbicara disini akan coba diterapkan pada salah satu TPQ As-Syauki yang notabene pesertanya adalah siswa SD tingkat akhir dan SMP. Para peserta TPQ inilah yang sedang banyak kebutuhan belajar berbicara Bahasa Inggris untuk jenjang sekolah dan komunikasi sehari-harinya. TPQ yang terletak di Jalan Masjid Ciater, Tangerang Selatan merupakan salah satu lembaga pendidikan agama yang dikelola oleh Yayasan Pena Al-Karim. Yayasan ini memiliki mimpi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dan Bahasa lainnya bagi para peserta didiknya. Namun, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, ditemukan bahwa peserta didik disini baru bisa beradaptasi dengan pembelajaran Bahasa Arab dan kajian fikih islam lainnya sedangkan mereka kesulitan dalam mempelajari kemampuan bahasa Inggris karena terkendala oleh penguasaan cara berbicara yang masih sangat minim. Setelah melakukan PkM, tim kami terjun dan menawarkan solusi permasalahan berupa pengajaran menggunakan video untuk meningkatkan kemampuan berbicara berbahasa Inggris dengan lantang. Berdasarkan hasil evaluasi lisan, terjadi peningkatan kemampuan berbicara sebesar rata-rata 38% dibandingkan dengan sebelum pelatihan, yang terlihat dari peningkatan keberanian, kelancaran pengucapan, dan jumlah kosakata yang digunakan oleh peserta
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Firdaus AY. Kompetensi ideal pendidik untuk menciptakan masyarakat literat di sekolah dasar. 2016.
- Fransiska R. The use of drilling technique in teaching English vocabulary to the seventh grade students of SMP Negeri 2 Tanggulangin. 2016.
- Halawati MGR. Peningkatan kemampuan menyelesaikan operasi perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan siswa kelas VB SDN Indrasari 2 Martapura melalui latihan berjenjang. Math Didactic: Jurnal Pendidikan. 2020;6(1). Available from: https://doi.org/10.33654/math.v6i1.911
- Halimah H, Nurviyani V, Saepulah A, Helmie J, Wandawati RW, Mutiah S. Virtual reality-supported drilling strategy in teaching English vocabulary to young learners. Acitya: Journal of Teaching and Education. 2022;4(1):88–100. Available from: https://doi.org/10.30650/ajte.v4i1.3195
- Haryati N. Hubungan minat belajar dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD se-Gugus Wonokerto Turi Sleman tahun ajaran 2014/2015 [undergraduate thesis]. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta; 2015.
- Izzan A. Metodologi pembelajaran Bahasa Inggris. Humaniora; 2016.
- Kasbolah K. Penelitian tindakan kelas. Depdiknas; 1999.
- Keraf G. Diksi dan gaya bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2010.