Literasi Pemanfaatan Software JASP Untuk Meningkatkan Keterampilan Statistik Guru di MAN 1 Bandar Lampung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Indah Gumala Andirasdini
Ayu Sofia
Muklas Rivai
Dwi Mahrani
Tiara Yulita
Sri Efrinita Irwan
Aldila Nur Indah Berliana Ratam
Annisa Hevita Gustina K.S.
Karina Sylfia Dewi
Marisa Marisa
Nanda Azzanina
Putri Isnaini Cahyaning Baiti
Rosni Rosni

Abstract

Guru sebagai agen perubahan memiliki peran strategis dalam mengembangkan literasi digital di lingkungan kerja. Salah satu aspek penting dalam literasi digital adalah kemampuan dalam memanfaatkan teknologi dan aplikasi digital untuk mendukung proses pembelajaran dan pengolahan data. Pemanfaatan software JASP (Jeffreys's Amazing Statistics Program) menjadi salah satu cara efektif bagi guru untuk meningkatkan keterampilan statistik seperti mengolah dan menganalisis data. Dengan memanfaatkan JASP, guru dapat melakukan analisis statistik secara intuitif dan efisien, sehingga memudahkan dalam mengajarkan konsep-konsep statistik kepada siswa. Pengabdian dalam bentuk literasi pemanfaatan software JASP ini didasari oleh kebutuhan mendesak akan kemampuan memahami analisis data yang efektif di kalangan pendidik, mengingat pentingnya pengolahan data dalam proses pembelajaran dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi pelatihan intensif dan workshop yang dirancang untuk memperkenalkan fitur-fitur utama JASP, termasuk analisis statistik dasar hingga lanjutan. Peserta diberikan kesempatan untuk langsung mempraktikkan penggunaan software sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kemampuan guru yang signifikan dalam mengolah dan menganalisis data. Hal ini ditunjukkan dari hasil pre-test dan post-test yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan. Kegiatan pengabdian ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga membangun kepercayaan diri para guru dalam menggunakan teknologi untuk mendukung pengajaran. Kesimpulan dari pengabdian ini menekankan pentingnya pelatihan berkelanjutan dalam literasi data untuk meningkatkan kualitas pendidikan

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Andriatna R, Kurniawati I, Wulandari AN. Profil kemampuan literasi statistik mahasiswa calon guru matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. 2021 Aug 24;7(1):19-28.
  2. Prihastari EB, Hidayah I, Masrukan M, Susilo BE. Analisis Literasi Statistik pada Mahasiswa PGSD dalam Mata Kuliah Statistik Pendidikan. Jurnal Basicedu. 2023;7:671-80. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4733
  3. Fitri I, Setyaningrum W, Pulungan DA. Fenomena literasi statistik pada pembelajaran matematika siswa SMA di Lhokseumawe Aceh. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 2023 Jun 21;12(2):1927-41.
  4. Andirasdini IG, Sofia A, Lestari F, Listiani A, Yulita T, Julianty DT, Rivai M. Pelatihan Pengolahan dan Analisa Data Statistik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMPN di Kalianda, Lampung Selatan. TeknoKreatif: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 2024 Dec 2;4(2):39-45.
  5. Ghazali M, Zohri M, Lestari J, Purnamasari R, Fitriati I. Transformasi kemampuan analisis statistik mahasiswa UIN Mataram melalui pelatihan software JASP. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 2023 Dec 31;4(2):235-47.
  6. Prihastari EB, Hidayah I, Masrukan M, Susilo BE, Dewi NR. Analisis Literasi Statistik Pada Calon Guru SD ditinjau dari Kecemasan Matematika. InProsiding Seminar Nasional Pascasarjana 2023 Jun 20 (Vol. 6, No. 1, pp. 254-260).
  7. Habibie ZR, Hidayat PW. Analisis peningkatan literasi statistik mahasiswa pada mata kuliah statistika pendidikan berbasis The Statistical Process. Jurnal Muara Pendidikan. 2022 Jun 28;7(1):156-64.
  8. Rini DS, Novianti P, Sriliana I. Pelatihan Literasi Statistik Berbasis HOTS di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Jurnal Berdaya Mandiri. 2020 Aug 31;2(2):314-25..