Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru SDN Banyubang Grabagan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan dan bimbingan kepada guru, khususnya guru-guru di SDN Banyubang Kecamatan Garabagan agar dapat mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi dan penerapannya di kelas, sehingga aktivitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik bisa terlaksana dengan baik. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan cara: 1) melakukan sosialisasi teoretis terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi bagi guru-guru, 2) pelatihan/workshop dan pendampingan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas berbasis pada Kurikulum Merdeka Belajar, 3) mengevaluasi keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi oleh guru melalui supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah. Hasil dari kegiatan PkM ini yakni: 1) peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru-guru tentang pembelajaran berdiferensiasi; 2) peningkatan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar pembelajaran berdiferensiasi; serta 3) guru-guru mampu dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Fadiana M, Citra Dewi Rosalina. Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Din J Pengabdi Kpd Masy. 2020;
- Marzoan. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidik Dasar. 2023;3(2):113–22.
- Fauzia R, Hadikusuma Ramadan Z. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. J Educ FKIP UNMA. 2023;9(3):1608–17.
- Nuraini N, Ramadan ZH. Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di Kelas Satu Sekolah Dasar. Aulad J Early Child. 2024;7(1):1–6.
- AZ Sarnoto. Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. J Educ. 2024;1(July):1–23.
- Merdeka K, Sd DI. PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DALAM. 2024;7:10714–21.
- Sabariah H, Ridha Z. Sosialisasi Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka Belajar dan RPP di SD IT Makmuniyyah Tanjung Pura Langkat. Penelit Dan Pengabdi Masy. 2013;14(2085):1–9.
- Fadiana M, Widiyanti ISR, Cacik S, Nikmah A. Proceedings of the International Conference on Language, Education, and Social Science (ICLESS 2022). Proceedings of the International Conference on Language, Education, and Social Science (ICLESS 2022). Atlantis Press SARL; 2023. 125–130 p.
- Fadiana M, Andriani A. Metacognition Profile of Vocational High School Students in Mathematics Problem Solving Based on Logical Thinking Skills. AL-ISHLAH J Pendidik. 2021;
- Nurlatifah A, Munandar K. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. J Teknol Pendidik. 2024;1(3):7.
- Fadiana M, Amin SM, Lukito A, Warli. How concrete operational student generalize the pattern?: Use semiotic perspective. In: Journal of Physics: Conference Series. 2019.
- Fadiana M. Strategi Generalisasi Pola pada Siswa Kelas VII. 2009;(61):230–40.
- Munawaroh M, Sulistyaningrum H. Pengembangan Komik Matematika BTVH untuk Siswa Kelas VIII SMP. J Teladan [Internet]. 2019;4(2):127–34. Available from: https://pmat.unirow.ac.id/journal/index.php/teladan/article/view/109%0Ahttps://pmat.unirow.ac.id/journal/index.php/teladan/article/download/109/101
- Herwina W. Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspekt Ilmu Pendidik. 2021;35(2):175–82.
- Widyawati R, Rachmadyanti P. Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS di Sekolah Dasar. Jpgsd [Internet]. 2023;11(2):365–79. Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52775
- Laia ISA, Sitorus P, Surbakti M, Simanullang EN, Tumanggor RM, Silaban B. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. J Ilm Wahana Pendidik [Internet]. 2022;8(20):314–21. Available from: https://doi.org/10.5281/zenodo.7242959.
- Andini DW. Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif. Trihayu J Pendidik Ke-SD-an. 2022;2(3):340–9.