Implementasi Workshop Dalam Penguatan Peran Guru TK Sebagai Agen Perubahan Untuk Transisi PAUD-SD Menyenangkan Di Kecamatan Kalideres
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Transisi dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) merupakan fase penting dalam perkembangan anak yang membutuhkan kesiapan akademik, sosial, dan emosional. Namun, banyak guru TK masih memiliki keterbatasan dalam memahami dan menerapkan strategi transisi yang efektif. Di Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, ditemukan berbagai permasalahan seperti fokus berlebihan pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung), kesenjangan kurikulum antara PAUD dan SD, serta minimnya kolaborasi antara guru TK dan SD. Oleh karena itu, Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) berbasis riset ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru TK melalui workshop bertema "Peran Guru TK sebagai Agen Perubahan dalam Menciptakan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan." Penulisan jurnal ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebanyak 30 guru TK di Kecamatan Kalideres yang aktif mengajar menjadi subjek dalam kegiatan PKM berbasis riset ini. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles & Huberman yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil PKM berbasis riset menunjukkan bahwa workshop ini berhasil meningkatkan pemahaman guru TK di Kecamatan Kalideres terhadap konsep transisi PAUD-SD yang menyenangkan. Mayoritas peserta menyatakan kepuasan terhadap pelatihan dan menunjukkan peningkatan dalam keterampilan merancang pembelajaran berbasis bermain serta membangun kolaborasi dengan orang tua dan guru SD. Singkatnya, pelatihan berbasis workshop terbukti efektif dalam memperkuat peran guru TK di Kecamatan Kalideres sebagai agen perubahan dalam mendukung transisi PAUD-SD yang lebih lancar dan menyenangkan. Oleh karena itu, perlu diadakan pelatihan lanjutan untuk meningkatkan kerja sama antar pemangku kepentingan dalam pendidikan anak usia dini
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Sovia Oktaviana, Elan, Purwati. Analisis Pola Interaksi Guru Dalam Membangun Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Analisis Pola Interaksi Guru Dalam Membangun Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. 2024;
- Novianti R, Sabrina S, Umari T, Maemunaty T, Bahar A. RESILIENSI SEBAGAI PENDUKUNG KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR. Primary Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar [Internet]. 2021 Dec 25;10(6):1428. Available from: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8642
- Harum Putri Agustina. HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN KESIAPAN BERSEKOLAH ANAK USIA DINI. 2024.
- Nia Fatmawati, Ari Sofia. Pelatihan Permainan Sirkuit Warna untuk Mengembangkan Fisik Motorik Kasar Anak bagi Guru. 2024.
- Moh. Fauziddin, Rizki Amalia. KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK TAMAN KANAK-KANAK BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19. BANGKINANG; 2021.
- Regina Krisztina Vass, Orsolya Endr?dy. Kindergarten-School Transition in the Early Childhood. 2024;
- Firman Jaya A, Marliah S, Nuzula Apriliyan F. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEAM DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA ANAK USIA DINI. Vol. 5. 2024.
- Yuliantina I. Implementasi Kurikulum PAUD dalam Mendukung Transisi PAUD-SD. Efektor [Internet]. 2024 Nov 29;11(2):135–43. Available from: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/23919
- Habibuddin, Burhanuddin, Dina Apriana. Kompetensi Sosial Guru dalam Membangun Kesadaran Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa di Sekolah Dasar. 2022;