PKL di Perpustakaan MI Manggarupi Indonesia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Antika wahid
Astizah Zahrani
Kiki Herisal
Herlina Herlina
Nurlidiawati Nurlidiawati
Touku Umar
Saenal Abidin

Abstract

Perpustakaan Ibtidaiyah Manggarupi menghadapi berbagai tantangan dalam pengelolaan, termasuk ketiadaan perangkat elektronik dan penggunaan sistem manual berbasis kartu katalog. Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilakukan bertujuan untuk memperbaiki sistem pengelolaan perpustakaan yang sudah tidak naktif selama dua tahun. Perubahan yang dilakukan meliputi perbaikan nomor klasifikasi buku yang sebelumnya kurang akurat, pembersihan dan perawatan buku dan area perpustakaan, serta pengelolaan ulang koleksi dengan memasukkan buku kedalam buku induk dan pemberian nomor induk. Selain itu, dilakukan penataan ulang rak buku agar lebih efisien dan memudahkan akses bagi pengguna. Hasil dari kegiatan PKL ini menunjukkan adanya peningkatan efisiensi dalam pengelolaan perpustakaan, meskipun sistem yang digunakan masih berbasis manual. Kontribusi kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pengelolaan perpustakaan dan meningkatkan akses siswa terhadap bahan bacaan di masa mendatang

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Fadhli R, Bustari M, Suharyadi A, Firdaus FM. Manajemen perpustakaan sekolah: Teori dan praktik. Pena Persada. 2021. 381 p.
  2. Sk M, Primasari F. IMPLEMENTASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Febriana P).
  3. Iztihana A, Arfa M. Peran Pustakawan MTs N 1 Jepara Dalam Upaya Mengembangkan Minat Kunjungan Siswa Pada Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 2020;9(1):93–103.
  4. Sholihah N, Falah FMohF, Sun’iyah L. Pengolahan Bahan Pustaka Perpustakaan Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik. Proceedings of Annual Conference on Islamic Educational Management. 2021;3(1):7–9.
  5. Wardoyo K. 127050-ID-implementasi-pemikiran-jurgen-habermas-t. 2016;3(2):25–33.
  6. Suban A, Nursita L, Halimah A, Musfita, Isnaeni N, Rahayu S. MADRASAH IBTIDAIYAH MANGGARUPI KABUPATEN GOWA. Educational Leadership. 2024;3:203–10.
  7. Universitas Negeri Makassar. Tata Cara Penulisan Artikel Ilmiah. RepoJayabayaAcId. 2020;1–4.